Bab 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan evaluasi dari bab-bab sebelumnya sampai dengan pembuatan game Pong ma-ka dapat diambil kesimpulan seperti berikut ini :
1. Sistem game Pong dapat diimplementasikan meng-gunakan Arduino Uno, layar OLED, dan dua jo-ystick. Sistem ini adalah permainan saling ber-usaha memasukkan bola ke area lawan menggu-nakan paddle masing-masing player, yang diatur dengan dua joystick.
2. Sistem game Pong dapat diimplementasikan meng-gunakan arsitektur FreeRTOS dengan lima task, yaitu draw, readJoystick, drawCentralLine, dra-wBall, dan drawPlayer.
3. Game Pong! ini dapat dimainkan oleh segala usia. Berdasarkan hasil ujicoba dari beberapa user, dapat disimpulkan bahwa game ini mudah digunakan, desaign yang sederhana dan tidak ter-dapat error jika dijalankan.
4. Game yang dibuat digunakan sebagai sarana ber-main, menghibur dan membantu user sebagai me-dia belajar bagi pemain.
4.2 Saran
Untuk lebih memahami tentang sebuah aplikasi ga-me diperlukan pemahaman program aplikasi serta efek animasi yang baik. Game dalam aplikasi ini diharapkan dapat lebih bervariasi lagi bentuknya agar user semakin termotivasi dan tidak mudah bosan dalam memainkan-nya. Untuk membuat sebuah game yang baik diperluk-an kemampuan berimajinasi dan kreatifitas yang baik, sedikit banyaknya pembuat game harus memahami lo-gika pemograman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar